8 Des 2015

Minggu Bersama Kelas Blogger di NIC



Kelas Blogger NIC(gambar diambil dari group kelas blogger)
Ramai kabar tentang acara Kelas Blogger di jagad medsos, sudah terasa sejak publish pengumuman di Facebook. Kemudian  kami saling share dibalas comment, menambah gaungnya semakin  kencang. Saya  kebetulan kenal dengan penggagas Kelas Blogger, tak ingin ketinggalan berpartisipasi turut hadir.
Acara yang cukup menarik, memantik juga rasa penasaran. Apalagi untuk urusan design blog atau membuat tampilan blog menarik, jujur saya musti banyak menimba ilmu. Maka tanpa menunda waktu segera mendaftar berharap masuk sebagai peserta. Gayung pun bersambut, admin menyatakan nama saya masuk daftar.

Minggu pagi saya sudah berkemas, menuju Nutrifood Inspiring Center (NIC) di Apartemen Menteng Square. Lokasi yang tidak terlalu sulit diakses, baik dengan kendaraan pribadi atau transportasi massal.  Relatif dekat dengan halte Busway, yang berada di perempatan Matraman. Kalau dengan Commuter Line, bisa turun di Stasiun Manggarai. Sementara dengan Metromini atau Kopaja, lumayan banyak pilihan.
Saya melaju dari Tangsel dengan roda dua, kondisi lalu lintas cukup lancar. Waktu tempuh sekitar satu jam santai, sangat kontras dibanding saat hari kerja.
o0o0o
Memasuki ruangan NIC, terasa adem dan nyaman.  Rak kayu berhimpit dengan dinding, berisi pajangan unik menggambarkan beberapa produk nutrifood. Meja dan kursi  kayu di lantai dasar, membawa kesan alami.
Kelas Blogger (gambar dipinjam dari group kelas blogger)
Acara Kelas Blogger diadakan di lantai dua, dengan suasana mirip lantai satu. Saya langsung kerasan berada di NIC, apalagi didukung free WIFI dengan signal excelent.

Kang Arul sebagai pemateri pertama, mengetengahkan materi tentang Foto dan Infografis.Tanpa bisa dipungkiri, sebuah tulisan (blog) akan menarik bila disertakan foto. Selain akan memperkuat tulisan, juga meyakinkan pembaca. Coba saja bayangkan, andai tulisan kuliner atau travel tanpa gambar. Bisa jadi tulisan terasa garing, dicemmoh dengan "No Pic Is HOAX".
Maka gambar memegang peranan vital, sebagai kesatuan dengan materi tulisan. Namun mengambil foto, bukan sembarang mengambil foto. Harus menggunakan tehnik, sehingga hasilnya maksimal.
"Foto yang terencana, adalah foto yang memiliki skenario" ucap Kang Arul "memiliki focus pada object, sehingga memberi kesan kuat"
Kalau ada blogger datang ke suatu acara, langsung jeprat-jepret ke setiap sudut hasilnya seperti berburu moment. "Sayang dengan batereinya" ujar kang Arul "apalagi di blog yang muncul hanya empat atau lima gambar"
Bagaimana acara foto biasa kuat?
  • A mbil object dari depan (terutama kalau seminar ada narsum sedang presentasi)
  • Focus Pada Object (kalau mengambil satu narsum presentasi, jangan ada background narsum lainnya)
  • Perhatikan croping yang tepat ( mengambil foto, sepatunya saja yang tidak diambil)
  • Untuk landscape (biasanya pemandangan) waktu yang bagus sekitar jam 9- 10.
  • Gunakan fasilitas ISO pada camera yang berguna untuk nge-push cahaya, semakin tinggi ISO semakin bagus.
  • Sementara untuk menampilkan data di blog, bisa menggunakan fasilitas dari canva.com.  situs ini saya rasa sangat membantu, terutama bagi pemula untuk sambil belajar.
  • Guna Infografis biasanya
  • Menampilkan breakdown data(misal jumlah prosentase pengguna merk handphone ; 35% merk A, 40% merk B dll)

Pembicara kedua Kang Rosid, mengetengahkan Pengaya Standar. Meski yang dihadirkan contohnya platfoam wordpress, saya rasa bisa diaplikasikan pada platfoam lainnya.
Strategi agar tampilan blog lebih bagus, juga agar ramah mesin pencari dibagikan tipsnya oleh kang Roshid. Wordpress termasuk paling cepat berinovasi, tak mengherankan satu fitur cepat diganti fitur berikutnya.
Dokpri

Dokpri
Tak terasa waktu cepat berlalu, jarum jam menunjukkan angka tiga sore. Kelas Blogger segera diakhiri, meskipun saya yakin materi ini ibarat pintu masuk saja. Selanjutnya siswa kelas blogger yang melanjutkan sendiri, agar  bisa berkembang menjadi keahlian.
Ilmu tak akan berkembang jika tidak dipraktekkan, Yuk kita aplikasikan! (salam)

6 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA